Usaha Keripik Belut

15.35 0 Comments

Usaha Keripik Belut


Usaha keripik belut di daerah godean sleman yogyakarta yang di latar belakangi UKM UKM mandiri sudah sejak berpuluh puluh tahun yang lalu. Baru beberapa tahun terakhir ini saja usaha keripik belut bersinergi dengan dinas pemerintah sleman.
Siapa sangka bisnis keripik belut bisa menggiurkan dan menghasilkan pemasukan puluhan juta rupiah dalam setiap bulannya.

Usaha Keripik Belut
Usaha Keripik Belut

Sebagai contoh saja Berawal dari iseng-iseng, usaha keripik belut yang merupakan pemilik keripik belut merek Putri Gangga ini mencoba peruntungan. Tak sia-sia, kini ia bisa meraup omzet hingga Rp 80 juta per bulan.
"Awalnya coba-coba, iseng, nyoba pertama buka warung nasi bubur, ada orang lewat bawa belut dari sawah, kita dikasih, dari situ saya coba goreng, dari seperempat kilogram saya jual di depan warung ternyata banyak yang suka, akhirnya produksi banyak," kata Alit.
Dia menyebutkan, keripik belut miliknya dihargai ekonomis mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 120 ribu per bungkusnya.
"Macam-macam ya (ukurannya), dari yang paling murah ada yang Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 15 ribu, Rp 30 ribu, sampai Rp 120 ribu yang ukuran sekilo," ujarnya.
Alit mengatakan, bahan baku belut ia peroleh dari Probolinggo dan Banyuwangi yang kemudian ia produksi di Bali, kampung halamannya.
Per harinya, dia menyebutkan bisa memproduksi hingga 40 kg belut. Keripik belut miliknya ia pasarkan di daerah sekitar Bali dan daerah-daerah lain seperti Jakarta, Kalimantan, dan Lombok melalui pesanan. "Malah bisa sampai ke Jerman biasanya dibawa buat oleh-oleh," kata Alit.
Belut merupakan jenis ikan yang dikenal dengan bentuknya yang panjang serta kulitnya yang licin. Belut yang banyak ditemukan di sawah ini sering dimanfaatkan dengan digoreng. Ternyata, belut merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak unsur gizi, seperti protein, kalori, zat besi, kalsium, serta beberapa jenis vitamin.
Tingginya gizi yang terkandung pada belut, menjadikan belut diminati oleh masyarakat bahkan sampai masyarakat luar negeri. Apalagi rasanya yang cukup enak membuat permintaan belut semakin meningkat. Hal ini menjadikan peluang bisnis belut sebagai ladang untuk menghasilkan keuntungan yang cukup besar.
Saat ini tidak hanya budidaya belut saja yang mulai dilirik. Berbagai macam olahan belut pun dapat dijadikan sebagai peluang usaha baru yang cukup menguntungkan. Salah satu olahan belut yang mudah dan diminati banyak konsumen adalah keripik belut. Rasanya yang gurih dan renyah disukai para konsumen.
Konsumen keripik belut cukup banyak tidak terbatas oleh usia, status sosial, maupun jenis kelamin. Bahkan tidak hanya menjadi lauk saja, kini keripik belut menjadi salah satu camilan yang disukai dan bisa dinikmati kapan saja.
Untuk menerjuni bisnis ini gampang-gampang susah. Modal yang dibutuhkannya kecil dengan uang sebanyak ratusan ribu rupiah Anda dapat memulai bisnis ini.
Hambatan utamanya ialah kesulit pemenuhan bahan baku belut, dikarenakan belum banyaknya budidaya belut. Sehingga masih mengandalkan hasil belut dari pencarian hasil alam (sawah) yang banyaknya hasil terpengaruh dengan musim. Untuk mengatasinya sebaiknya juga membudidayakan belut, sehingga menjaga pasokan bahan baku selalu tersedia.
Selain itu, camilan semacam ini mudah melempem jika kemasannya tidak rapat. Jadi sebaiknya simpan di tempat yang tertutup dan gunakan plastik kemasan dengan ketebalan 0,5 mili untuk mengatasinya.
Untuk dapat meraih kesuksesan dalam bisnis ini diperlukan ketelatenan serta keahlian untuk menciptakan rasa yang enak, gurih dan renyah. Selain kualitas rasa yang nikmat, kemasan yang menarik juga sangat mendukung penjualan keripik belut. Selanjutnya strategi pemasaran juga harus diperhatikan, harus paham dimana pasar yang potensial dan mana yang kurang potensial. Sehingga bisa mengatur stok barang yang akan dititipkan, misalnya beri stok yang lebih banyak untuk toko yang ramai dibandingkan untuk toko yang sepi.
Belut Sawah Belut jenis ikan air tawar yang bentuknya mirip sekali dengan ular ini memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Mineral dan vitamin yang terkandung didalamnya berguna sekali bagi hormon pertumbuhan manusia, sistem kekebalan tubuh, dan juga mampu mengatasi penimbunan lemak dalam tubuh manusia. Bahkan menurut penelitian ahli dari beberapa sumber mengatakan bahwa belut bisa berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Menarik sekali bukan mengenai manfaat ikan jenis belut ini.
Di pasar tradisionil belut bisa kita jumpai walaupun tidak begitu banyak yang menjual ikan jenis ini, sejak tahun 1979 mulai dikenal masyarakat Indonesia serta dikonsumsi bahkan saat ini belut telah menjadi salah satu komoditas eksport Indonesia. Jenis jenis belut sebenarnya ada tiga macam yaitu belut rawa, belut sawah, dan belut air ( belut sungai dan belut laut ). Mungkin yang akan sering kita jumpai adalah belut sawah. Jenis belut sawah ini bisa dibudidayakan dan tidaklah sulit caranya karena belut merupakan binatang yang bisa hidup tanpa memerlukan kondisi iklim dan geografis yang spesifik bahkan air tidak perlu dalam kondisi bersihpun belut masih bisa hidup. Tetapi yang perlu digaris bawahi adalah kondisi air dan tanahnya harus bebas dari limbah dan bahan bahan kimia beracun.
Resep Keripik Belut
Bahan Keripik Belut :
- Belut 500 gram
- Minyak goreng 500 ml
Pencelup :
- Tepung terigu protein rendah 100 gram
- Ketumbar bubuk 1/2 sendok teh
- Jinten Bubuk 1/4 sendok teh
- Garam 1 sendok teh
- Air 100 ml
Cara membuat keripik belut : Potong belut dan belah bagian perutnya. Buang isinya, cuci hingga tidak berlendir. Pencelup : Campur semua bahan, aduk rata. Masukkan belut ke dalam adonan pencelup, goreng hingga kering. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan saus sambal.
Tips dan trik :
Pilihlah belut yang kecil dengan diameter 1 cm agar tulang belut bisa kering. Gunakan api kecil saat menggoreng untuk mendapatkan hasil yang kering dan warnanya tidak gelap. Gunakan minyak bersih agar saat menggoreng belut tidak berwarna gelap. Bubuhi belut dengan garam agar cepat tak bernyawa.
Analisa Ekonomi
Modal Awal
1 buah kompor gas 1 tungku + tabung gas + isi Rp 200.000,00
1 buah wajan besar Rp 75.000,00
1 timbangan digital Rp 350.000,00
3 buah baskom plastik @ Rp 20.000,00 Rp 60.000,00
1 Mesin Spinner untuk meniriskan minyak Rp 2.000.000,00
1 Mesin Sealer Rp 150.000,00
Total Rp 2.835.000,00
Biaya operasional per bulan
Bahan baku belut( @ Rp 28.000,00 x 50 kg ) Rp 1.400.000,00
Tepung,minyak goreng, dan bumbu Rp 700.000,00
Plastik Kemasan Rp 200.000,00
Tabung gas 3kg 6 x @ Rp 14.000,00 Rp 84.000,00
Bensin Rp 100.000,00
Total Rp 2.484.000,00
Omset per bulan Penjualan keripik belut Rp 75.000,00/kg Omset / bulan = @ Rp 75.000,00 x 50 kg/bulan Rp 3.750.000,00
Laba bersih / bulan
Rp 3.750.000,00 – Rp 2.484.000,00 Rp 1.266.000,00
ROI (Return of Investment) ( Rp 2.835.000,00 : Rp 1.266.000,00 ) =  3 bulan


Tahukah Anda Berbagai Khasiat Belut?
Apakah Anda suka mengonsumsi belut? Kalau iya, maka Anda termasuk orang yang beruntung karena meskipun belut memiliki bentuk yang menjijikkan bagi sebagian orang namun mengandung zat gizi yang sangat tinggi.

Belut atau Monopterus albus diakui banyak memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Di Indonesia sendiri, ada tiga jenis belut yakni belut sawah, belut bermata sangat kecil, dan belut rawa.
Belut sawah merupakan jenis belut yang paling familiar di kalangan masyarakat kita dan termasuk yang banyak dikonsumsi. Sedangkan belut rawa memiliki jumlah yang terbatas dan kurang familiar di kalangan masyarakat.

Selain yang hidupnya di sawah, rawa atau kali, belut juga telah dilirik oleh sektor industri untuk dibudidayakan. Mayoritas budidaya belut dimaksudkan untuk kebutuhan konsumsi.
Belut memiliki nilai energi yang cukup tinggi yakni 303 kilo kalori per 100 gram daging. Nilai energinya sendiri jauh lebih tinggi dibandingkan telur dan daging sapi. Berikut merupakan zat-zat yang terkandung di dalam belut yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia.
Protein Daging belut memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari telur dan setara dengan kandungan protein daging sapi yakni 18,4g/100 gram. Begitu juga dengan nilai cerna protein pada belut yang juga sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sumber protein bagi semua kelompok usia, termasuk anak-anak.

Leusin Belut juga mengandung leusin yang bermanfaat untuk melakukan perombakan dan pembentukan protein otot.
Arginin Belut mengandung arginin atau asam amino non esensial yang dapat memengaruhi hormon pertumbuhan manusia yang sering disebut dengan human growth hormone (HGH). HGH dapat membantu kesehatan otot dan mengurangi terjadinya penumpukan lemak tubuh. Hasil uji laboratorium juga menunjukkan bahwa arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.
Zat Besi Belut juga sangat kaya akan zat besi dimana terkandung 20 mg/100 gram. Kandungannya tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan zat besi pada telur dan daging. Makanya, dengan mengonsumsi 125 gram daging belut per hari sudah dapat memenuhi kebutuhan akan zat besi yakni 25 mg per harinya. Zat besi ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah anemia.
Fosfor Belut juga sangat kaya akan fosfor dan nilainya bisa dua kali lipat dibandingkan kandungan fosfor pada telur. Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang. Karena itu, konsumsi fosfor harus berimbang dengan kalsium agar tulang menjadi kokoh dan kuat sehingga terbebas dari osteoporosis. Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat umumnya (sekitar 80 persen) berada dalam tulang dan gigi.
Kaya Vitamin Belut juga sangat kaya terhadap berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan vitamin B. Kandungan vitamin A-nya termasuk tinggi yakni 1.600 SI per 100 gram sehingga sangat baik untuk pemeliharaan sel epitel. Sedangkan vitamin B yang juga banyak terkandung dalam belut sangat bermanfaat untuk kofaktor dari suatu enzim sehingga enzim tersebut dapat berfungsi normal di dalam proses metabolisme tubuh.

Lemak Di antara kelompok ikan, belut digolongkan sebagai yang berkadar lemak tinggi. Kandungan lemak pada belut hampir setara dengan lemak pada daging babi (28 g/100 gram). Menurut publikasi yang dikeluarkan oleh Singapore General Hospital, belut termasuk makanan berkolesterol tinggi dan wajib untuk diwaspadai apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.
Dengan banyak manfaat dan kandungan gizi dalam belut, tidak salah kalau mulai sekarang Anda memasukkan belut dalam daftar menu Anda. Namun, ingat! Apapun itu, termasuk daging belut, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan mengingat bahwa daging belut mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Kelebihan bisnis keripik belut
Selain keripik belut memiliki rasa yang gurih, dan renyah, camilan ini juga mengandung berbagai macam vitamin dan unsur gizi lainnya yang bagus untuk kesehatan. Sehingga camilan keripik belut disukai oleh para konsumen. Hal ini memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis, karena untuk pemasaran produk tidak mengalami kesulitan. Selain itu adanya image dari masyarakat mengenai Godean sebagai sentra bisnis keripik belut, ternyata juga memberikan keuntungan bagi pelaki bisnis disana. Sebab jika masyarakat membutuhkan keripik belut, mereka langsung menuju Godean sebagai sentra bisnisnya. Dan yang paling penting setelah menjadi sentra bisnis keripik belut, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung langsung untuk melihat langsung proses produksi keripik belut tersebut. Sehingga secara tidak langsung, hal ini sangat membantu pemasaran keripik belut.


Saat ini yang kota yang terkenal dengan pusat home industri dari keripi belut adalah daerah godean yogyakarta karena rasa yang gurih dan renyah belum bisa di tandingi daerah lain. untuk pembelian online bisa klik di sini Keripik Belut

jasaurugtanahjakarta

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: