cara membuat keripik belut

cara membuat keripik belut



Cara membuat keripik belut sangat mudah, kalo anda mau sedikit ribet tidak ada salahnya anda membikin keripik di rumah sendiri, iseng iseng belajar membuat keripik belut made in sendiri.

Oleh-oleh khas dari Yogya ternyata bukan cuma bakpia, yangko atau gudeg.
Yang satu ini juga tak kalah enak, sebab rasanya renyah dan gurih cocok dinikmati sebagai camilan. Kress... kress mau? Peyek udang atau peyek kacang mungkin sudah biasa dinikmati.

Tetapi kalau peyek belut mungkin buat sebagian orang banyak yang baru mengenalnya. Di Klaten ada pula snack serupa namun lebih dikenal dengan nama keripik belut. Penasaran seperti apa peyek belut ini? Dari namanya memang sudah bisa dipastikan kalau bahan utamanya snack ini terbuat dari belut. Jangan terburu-buru mengerutkan kening terlebih dahulu karena mendengar kata belut. Sebab yang satu ini dijamin renyah gurih membuat siapapun yang menikmatinya bakal ketagihan. 

Pembuatan peyek belut ini boleh dibilang sederhana, setelah belut dibuang tulangnya dan dibersihkan maka belut tersebut dilumuri dengan bumbu-bumbu seperti kemiri, ketumbar, bawang putih dan garam. Kemudian barulah dibalut dengan campuran tepung beras dan kanji dan santan untuk memberikan rasa gurih.

Nah, belut pun tinggal digoreng hingga kuning keemasan. Peyek belut sangat populer di kota Yogyakarta dan biasa dijual di tempat penjual snack oleh-oleh. Salah satu tempat penjual peyek belut yang sangat terkenal disana adalah di Pasar Godean. Di pasar tersebut peyek belut biasanya dijual per kilogram dengan harga yang berbeda-beda tergantung pada kualitasnya. Biasanya sih sekitar Rp 80.000,00 sampai Rp 100.000,00/kg dan ada pula yang sudah dikemas dalam plastik-plastik dengan merek yang berbeda. Peyek belut yang berkualitas bagus biasanya tidak keras melainkan krenyes renyah saat digigit. Rasanya yang gurih cocok dinikmati sebagai camilan maupun dinikmati sebagai lauk-pauk. Nah, kalau nanti jalan-jalan ke Yogya jangan lupa memasukkan peyek belut sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli!

Kalo anda belum sempet main main ke jogja ga perlu kuatir kami jual keripik belut online Asli Godean karena produksi kami ber domisili di godean


untuk orderan baik eceran maupun grosir keripik belut bisa hubungi marketing kami 081291174113



cara membuat keripik belut

Sejak tahun 1992 daerah Godean Sleman sudah dikenal masyarakat sebagai sentra bisnis keripik belut. Di sepanjang jalan pasar Godean, sedikitnya terdapat 50 pedagang keripik belut.
Gurihnya keripik belut menarik minat para konsumen, sehingga harganya pun cenderung lebih mahal dibanding keripik lainnya. Saat ini harga keripik belut per kilonya mencapai Rp 80.000,- sampai dengan 100.000,-  harganya pun stabil dan jika naik turun pun hanya sedikit. Tak heran jika banyak masyarakat Yogyakarta yang ingin menjalankan bisnis ini, karena omset yang diperolehnya pun cukup besar yakni mencapai jutaan rupiah. Bagi yang ingin mencoba bisnis keripik belut, berikut kami berikan resep pembuatan keripik belut yang dapat dicoba. 



cara membuat keripik belut
cara membuat keripik belut


Resep cara membuat keripik belut


Bahan Keripik Belut :
-          Belut kecil 500 gram ( maksimal 35/ekor )
-          Minyak goreng 500 ml

Bahan Perendam :

  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 2 cm kunyit,haluskan
  • 1 cm jahe,memarkan
  • 1 sendok cabai merah, haluskan
  • 1 sendok teh ketumbar,haluskan
  • 1/4 sendok teh pala bubuk


Pencelup :

  •  Tepung terigu protein rendah 100 gram
  • 1/2 butih telur
  • 1/8 sendok teh soda kue
  • Ketumbar bubuk 1/2 sendok teh
  • Jinten Bubuk 1/4 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 100 ml

Cara membuat keripik belut :


  1. Potong belut dan belah bagian perutnya. Buang isinya, cuci hingga tidak berlendir.
  2. Lumuri Belut dengan rendaman bumbu, diamkan selama 1 jam
  3. Goreng Belut sampai 3/4 kering
  4. Pencelup : Campur semua bahan, aduk rata.
  5. Masukkan belut 3/4 kering ke dalam adonan pencelup, goreng kembali hingga kering. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan dengan saus sambal.
Tips dan trik :
  • Pilihlah belut yang kecil dengan diameter 1 cm agar tulang belut bisa kering.
  • Gunakan api kecil saat menggoreng untuk mendapatkan hasil yang kering dan warnanya tidak gelap.
  • Gunakan minyak bersih agar saat menggoreng belut tidak berwarna gelap.
  • Bubuhi belut dengan garam atau dengan abu gosok agar cepat tak bernyawa 
Membuat keripik belut memang banyak versinya,tergantung selera anda bumbu bumbu yang di hasilkan. kunci agar keripik belut mengundang selera makan adalah hasil yang di dapat terlihat cantik dan menawan.selamat mencoba dan berkreasi cara membuat keripik belut

jasaurugtanahjakarta

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: